URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PAI KELAS V SDN 129 ABBANUANGE KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

AMRAINI, . (2022) URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PAI KELAS V SDN 129 ABBANUANGE KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
1._SAMPUL_AMRAINI_2[1].pdf

Download (10kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR benar.pdf

Download (24kB)
[img] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI 4.pdf

Download (7kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9. TRANSLITERASI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
8._ABSTRAK[1].pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (16kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana urgensi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng, dengan sub masalah bagaimana penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng, bagaimana hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng serta bagaimana kontribusi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng, mengetahui hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng serta mengetahui kontribusi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng. Dengan kegunaan ilmiah yakni memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan tentang urgensi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan kegunaan praktis yakni memberikan pemikiran dan masukan terhadap individu dan instansi yang terkait dalam merumuskan kebijakan pembangunan masyarakat, bangsa, negara dan agama. Guna memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Penulis menggunakan xvii pendekatan pedagogik, pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis dengan melakukan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan tahap kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas V di SDN 129 Soppeng sudah diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari langkah penggunaan media audio visual yaitu langkah persiapan berupa mempersiapkan alat seperti LCD, laptop dan speaker, menjelaskan kepada siswa agar siap menerima pelajaran yang disajikan yakni kisah-kisah nabi dan tuntunan sholat berupa video maupun film animasi. Langkah pelaksanaan yakni siswa melihat, mendengar tayangan serta guru mengawasi atau memonitoring siswa untuk tetap fokus pada pembelajaran. Kegiatan lanjutan berupa menjelaskan kembali inti dari materi kisah nabi dan diskusi. Kedua; Hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 129 Soppeng cukup tinggi yang dibuktikan dengan meningkatnya kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa melalui kemampuan siswa mencontoh gerakan sholat dengan baik dan tindakan yang semakin membaik meneladani akhlak para nabi. Ketiga; Penggunaan media audio visaul telah berkontribusi dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 129 Soppeng diantaranya meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa, meningkatkan konsentrasi siswa menjadi lebih fokus dalam menerima materi pelajaran pendidikan agama Islam karena menggunakan media yang memadukan karakteristik belajar audiotori maupun visual serta menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien artinya segi waktu dan kualitas pengajaran lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 15 Aug 2022 00:57
Last Modified: 15 Aug 2022 00:57
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item