ANDIRA, AYU (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KAJUARA. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL AYUUUU (2).pdf Download (16kB) |
|
Text
BAGAI AWAL.pdf Download (115kB) |
|
Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB I AYU ANDIRA (1).pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB IV AYU ANDIRA.pdf Download (16kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Kajuara. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kajuara? Serta bagaimana meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kajuara? Untuk memudahkan pemecahan masalah, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan paedagogis, dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Berdasakan hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama Penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI: studi kasus pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kajuara yaitu dapat memudahkan peserta didik untuk memahami dan menerapkan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik memiliki semangat serta motivasi belajar untuk menemukan sendiri masalah yang terjadi sehingga rasa ingin tahu peserta didik semakin meningkat serta dapat mengembangkan pengetahuan yang dimilikinnya. Guru yang mampu menciptakan susana pembelajaran yang kondusif dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan dan menggali sendiri materi pelajaran kemudian materi tersebut dikembangkan serta dikaitkan dengan dunia nyata peserta didik. Sehingga respon peserta didik terhadap model pembelajaran kontektual cukup bagus dilihat dari motivasi belajar siswa yang semakin aktif dalam kelas dan kemauan untuk bertanya terhadap materi yang diajarkan. Kedua, Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI: studi kasus pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kajuara cukup baik hal ini sesuai dengan respon peserta didik dalam proses belajar mengajar mereka lebih aktif dalam menerima pembelajaran serta memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga dapat memahami materi PAI dengan baik serta adanya kesadaran siswa terhadap pentingnya mata pelajaran PAI karena materi yang diajarkan berkaitan dengan kehidupan dunia dan akhirat. Dalam meningkatkan motivasi belajar guru memberikan pujian kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan sehingga siswa semakin rajin dan aktif dalam proses pembelajaran. Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk bekerja sama dengan temannya apabila mengalami kesulitan dalam belajar sehingga motivasi tersebut berdampak pada bersemangatnya siswa dalam belajar. Dalam proses pembelajaran guru memberikan nasehat positif terhadap peserta didik mengenai materi PAI sehingga motivasi belajarnya akan meningkat karena kata-kata positif yang disampaikan oleh guru dapat membangun kepercayaan diri peserta didik dan kepeduliah seorang guru dalam proses belajar mengajar dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 06:02 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 06:02 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1263 |
Actions (login required)
View Item |