PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MA BAYTUL MUKARROMAH KEC. TANETE RIATTANG BARAT KAB. BONE

AZ-ZAHRA, NUR MUTIA ANANDA (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MA BAYTUL MUKARROMAH KEC. TANETE RIATTANG BARAT KAB. BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
1. SAMPUL NUR MUTIA ANANDA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2. MUKA NUR MUTIA ANANDA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I NUR MUTIA ANANDA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
6. BAB IV NUR MUTIA ANANDA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode pembelajaran everyone is teacher here dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fikih kelas XI Ma Baytul Mukarromah Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone. Hal yang penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran everyone is teacher here, dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran everyone is teacher here pada mata pelajaran fikih kelas XI MA Baytul Mukarromah. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan paedagogik. Dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik komparatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Metode pembelajaran everyone is teacher here dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, penerapan metode pembelajaran everyone is teacher here pada mata pelajaran Fikih kelas XI dapat meningkatkan kemapuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di MA Baytul Mukarromah. Hal ini dapat dilihat dari, 1) Pada tahap siklus pertama, proses penelitian masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan belum terbiasanya peserta didik dalam menggunakan metode pembelajaran everyone is teacher here selama proses pembelajaran dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh peneliti. 2) Pada tahap siklus 2, proses penelitian telah berjalan dengan baik dan peserta didik telah memahami prosedur metode pembelajaran everyone is teacher here dengan melihat hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang berkembang secara signifikan. 3) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 85 dan persentase 86%. Pada pratindakan nilai rata-rata siswa yaitu 38 dengan persentase 7,14% siswa yang hanya berkemampuan berpikir kritis, setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran everyone is teacher here pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 58,2 dengan persentase 50% siswa yang cukup berpikir kritis. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 85 dengan persentase 86% siswa yang sangat berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan serta telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah bekerjasama dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:17
Last Modified: 29 Aug 2022 01:17
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item