IMPLEMENTASI MODEL DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PENCAPAIAN KOMPOTENSI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI SD INPRES 5/81KADAI KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE

SAFITRI, INDRYANI (2022) IMPLEMENTASI MODEL DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PENCAPAIAN KOMPOTENSI TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI SD INPRES 5/81KADAI KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (108kB)
[img] Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (592kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Model Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompotensi Terhadap Sistem Pembelajaran Daring dan Luring di SD Inpres 5/81 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone”. Latar belakang penelitian ini yaitu desain pembelajaran berbasis pencapaian kompotensi ini keaktifan peserta didik sangat diperlukan, tetapi terdapat sebagian peserta didik yang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran daring ataupun luring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami implementasi, hambatan dan solusi penerapan model desain pembelajaran berbasis pencapaian kompotensi terhadap sistem pembelajaran daring dan luring di SD Inpres 5/81 Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan Manajemen, pedagogik serta sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan simpulan (verifikasi) Hasil penelitian menunjukkan pertama, penerapan model desain pembelajaran berbasis pencapaian kompotensi sudah terlaksana dengan baik, pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan menggunakan beberapa media seperti WhatsApp dan Youtube sedangkan pembelajaran luring menggunakan media seperti Buku paket/ buku perkelas. Perencanaan pelaksaan pembelajaran (RPP) atau kurikulum darurat agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien serta terjalinnya kerja sama antara guru dan orang tua agar peserta didik bisa mencapai kompotensi yang diharapkan. Kedua pembelajaran daring dan luring sudah pasti memiliki hambatan dan solusi akan tetapi tetap dilaksankannya pembelajaran dengan mematuhi protokol kesehatan agar peserta didik bisa belajar untuk mencapai kompotensi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:36
Last Modified: 29 Aug 2022 01:36
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1291

Actions (login required)

View Item View Item