PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA NEGERI 13 WAJO KECAMATAN BOLA KABUPATEN WAJO

Afiah, Afiah (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMA NEGERI 13 WAJO KECAMATAN BOLA KABUPATEN WAJO. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
sampul fia_merged.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Peran Guru PAI Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Pada Siswa SMA Negeri 13 Wajo, hal yang penting dikaji skripsi ini yaitu dampak negatif media sosial pada siswa SMAN 13 Wajo, strategi guru pendidikan agama Islam dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa SMAN 13 Wajo, hambatan guru pendidikan agama Islam dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMAN 13 Wajo. Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik, psikologi, sosiologi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian dan dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa SMA Negeri 13 Wajo ada tiga, yaitu melihat konten negatif, pengaruh perilaku buruk dan kecanduan. Kedua strategi guru pendidikan agama Islam dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa SMA Negeri 13 Wajo, yaitu melakukan pendekatan, melakukan pemeriksaan, memberikan arahan dalam penggunaan media sosial dan memberikan bimbingan ajaran agama Islam. Ketiga Hambatan guru pendidikan agama Islam dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMA Negeri 13 Wajo, yaitu 1) adanya covid 19, 2) Kurang dukungan orang tua siswa, dan 3) Pengaruh lingkungan sekitar juga nerupakan faktor penghambat pencegahan dampak negatif penggunaan media sosial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak negatif media sosial memberikan pengaruh yang buruk pada siswa, strategi yang digunakan guru PAI dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa sudah diterapkan dengan baik, meskipun ada beberapa hambatan yang dihadapi guru PAI dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial. Bedasarkan kesimpulan penelitian, maka penulis merekomendasikan saran yaitu guru PAI untuk hendaknya tetap melaksankan perannya dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial seoptimal mungkin, dan lebih memperhatikan keadaan siswa yang masih butuh bimbingan pengajaran dan keadaan siswa yang sudah mampu menggunakan media sosial dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 19 May 2021 03:47
Last Modified: 20 May 2021 03:47
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item