IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi pada Toko Sinar Terang Hijab Watampone )

SAMSUL, ALDAYANI (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi pada Toko Sinar Terang Hijab Watampone ). Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
ALDAYANI SAMSUL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset penjualan merupakan hal yang sangat penting karena dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen sehingga terjadi pembelian ulang oleh konsumen. Adapun nilai-nilai Islam yang dimaksud adalah nilai kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan. Peningkatan omset dapat terjadi dilihat dari kepuasan konsumen dalam berbelanja terutama dipelayanan dan pemasarannya yang selalu melibatkan nilai-nilai Islam tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan ekonomi Islam dan pendekatan sosiologi yang didukung dengan penggunaan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif dengan langkah-langkah yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen ada lima yaitu pertimbangan jangka pendek, berkelompok, mudah tertarik pada merek, mengikuti trend, dan melek teknologi. Kemudian dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam sebuah usaha sedikit banyak akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen yang akan mengakibatkan peningkatan omset penjualan. Dan yang terakhir tinjauan etika bisnis Islam terhadap pemasaran yaitu dalam setiap indikator pemasaran harus melibatkan etika bisnis Islam sehingga konsumen bisa merasa lebih percaya dalam melakukan pembelian yang kemudian akan berdampak pada peningkatan omset penjualan. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah peran nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset penjualan adalah sangat berpengaruh terhadap tingkat pembelanjaan konsumen sehingga mampu meningkatkan omset penjualan. Setiap usaha yang sedang dijalani hendaklah selalu menerapkan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan/kebajikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 19 May 2021 06:02
Last Modified: 19 May 2021 06:02
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item