KONTRIBUSI INTERNET SEBAGAI SARANA DAKWAH DI ERA MILENIAL BAGI ORGANISASI IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH KABUPATEN BONE

KADIR, ABD (2020) KONTRIBUSI INTERNET SEBAGAI SARANA DAKWAH DI ERA MILENIAL BAGI ORGANISASI IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SKRIPSI ABD. KADIR.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Kontribusi Internet Sebagai Sarana Dakwah di Era Milenial bagi Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis bagaimana strategi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Bone dalam menghadapi era milenial. Untuk mendeskripsikan penggunaan internet sebagai sarana dakwah organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bone serta untuk mengklasifikasikan apa saja hambatan dan Solusi organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bone dalam menggunakan internet sebagai sarana dakwah di era milenial. Penelitian ini menggunakan riset lapangan (field riseach) yaitu metode yang dilakukan dengan jalan melakukan penelitian terhadap objek yang diteliti dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini yaitu Ketua Umum PC IMM Cabang Bone beserta dengan anggotanya. Data yang sudah terkumpul dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1). Strategi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Bone dalam menghadapi era milenial yaitu memperbanyak dakwah secara langsung berupa kajian, ceramah, bakti sosial, penggalangan dana serta memasuki peradaban generasi milenial dengan melakukan dakwah menggunakan internet. 2). Penggunaan internet sebagai sarana dakwah organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Bone di era Milenial ini yaitu memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, bersifat global dengan jangkauan yang luas, membuat dakwah menjadi lebih modern, sebagai pembendung dampak negatif dan lebih efisien. 3). Hambatan dan solusi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Bone dalam menggunakan internet sebagai sarana dakwah di era milenial meliputi dua faktor yaitu faktor internal adalah kouta dan jaringan, kurangnya pemateri dakwah, kemampuan menggunakan media dan kemampuan berkomunikasi. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kurangnya respon dari penerima dakwah karena pengaruh dari teknologi yang sifatnya mengganggu terutama game. Adapun solusi yang dilakukan dalam meminimalisir hambatan tersebut yaitu mencari naib dakwah, melakukan pelatihan dalam mengasah komunikasi dan pemahaman penggunaan media serta konsisten dalam menyuguhkan konten dakwah yang kreatif. Hadirnya internet sebagai media komunikasi dan informasi menyebabkan perubahan yang tidak bisa di hindari. Oleh karena itu, setiap aktivis dakwah dituntut untuk selalu cepat dan tanggap dalam melihat situasi yang ada, selalu kreatif dalam menyajikan konten dakwah agar penerima dakwah tidak cepat jenuh dan monoton, meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi serta memanfaatkan segala fasilitas yang tersedia di internet, seperti facebook, instagram, website, youtube dan media komunikasi lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah (FUD) > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 24 May 2021 03:07
Last Modified: 24 May 2021 03:07
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item