PESAN-PESAN DAKWAH HANAN ATTAKI DI INSTAGRAM

Siska, Andi (2020) PESAN-PESAN DAKWAH HANAN ATTAKI DI INSTAGRAM. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
ANDI SISKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pesan-pesan dakwah Hanan Attaki di Instagram. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui segmentasi dan kemasan dakwah Hanan Attaki di instagram, 2). Untuk mengetahui pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam postingan instagram Hanan Attaki. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Libarary research (riset pustaka), dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah bahan-bahan pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu mengemukakan hasil data yang diperoleh dalam bentuk uraian secara sistematis untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dimaksud. 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa, segmentasi dan kemasan dakwah Ustadz Hanan Attaki di Intagram sangat erat dengan mobalitas lintasan media sosial yang dilakukan secara masif. Dakwah tersebut memang banyak mengambil pesan-pesan yang mendorong para jamaah ataupun para pengguna media sosial untuk lebih banyak intropeksi diri. Tema-tema yang banyak dipilih untuk dipublikasikan lebih dominannya kini persoalan Tauhid, jika dibandingkan dengan tema-tema Syariah dan Muammalah. 2) Dari pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam postingan Instagram Hanan Attaki kebanyakan berkaitan dengan motivasi dan rasional. Dalam hal ini Ustadz Hanan Attaki ingin memberikan pemahaman kepada segmen dakwahnya yaitu remaja dengan menggunakan diksi yang mudah dipahami sesuai dengan logika anak remaja sekarang supaya mereka lebih paham tentang Islam. Terlihat dalam setiap dakwahnya membahas seputar permasalahan remaja mulai dari permasalahan remaja seperti lupa Allah ketika bahagia, susah memaafkan orang lain, kesepian, dan lain sebagainya. Adapun beberapa saran sebagai bahan pertimbangan dalam penelitian ini yaitu, pembuatan konten dakwah harus banyak menanggapi persoalan yang baru tidak hanya dalam hal Tauhid. Hal ini sebagai pendidikan juga bagi pemahaman audiens dakwah, dan perlu memberikan pemahaman kembali bagaimana dakwah media sosial dengan memberikan seri-seri tentang satu tema didasarkan kepada kajian mendalam, yang dikemas dengan penyampaian yang mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah (FUD) > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 24 May 2021 03:22
Last Modified: 24 May 2021 03:22
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item