PERAN MEDIA FACEBOOK SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS DALAM MENINGKATKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP BAGI MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM IAIN BONE

Saputra, Randi Purna (2020) PERAN MEDIA FACEBOOK SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS DALAM MENINGKATKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP BAGI MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM IAIN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SKRIPSI RANDI PURNA SAPUTRA, S.Sos.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Media Facebook sebagai Sarana Promosi Bisnis dalam Meningkatkan Jiwa Enterpreneurship bagi Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Bone. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial facebook sebagai sarana pomosi bisnis online dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone, untuk mengetahui peran media sosial facebook dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone, mengidentifikasi kendala dan menganalisis solusi dari kendala yang dihadapi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam melakukan promosi bisnis online di media sosial facebook. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis peneliatian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Melakukan Pendekatan Sosiologis dan Pendekatan Komunikasi dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial facebook sebagai sarana pomosi bisnis online dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yaitu media sosial facebook sangat efektif dan dapat digunakan sebagai lahan berwirausaha karena memiliki fitur-fitur yang membantu proses promosi bisnis online seperti jangkauan pertemanan yang luas, grup dagang dan marketplace. Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone menerapkan jiwa-jiwa kewirausahaan yang semestinya dimiliki oleh pengesaha pada umumnya yaitu memliki jiwa tanggung jawab, tepat waktu dan juga mempunyai jiwa inspirasi. Namun kendala yang dialami oleh Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam promosi bisnis online yaitu kendala internal yang berasal dari diri sendiri seperti susah mengatur kata-kata yang dapat menarik minat konsumen, proses dalam mempromosikan produk kurang bagus, jaringan yang tidak stabil, mengkhawatikan produk tidak laku, cara menyikapi konsemen, bahasa yang xi kurang komunikatif, dan tidak bisa mendesain gambar produk dengan baik sehingga konsumen tidak tertarik pada produk yang dipromosikan di media sosial facebook. Adapun kendala eksternal juga dialami oleh pebisnis online yaitu kendala yang berasal dari luar seperti respon konsumen ataupun warga net. Dari kendala tersebut Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yang bergelut dibidang bisnis online mempunyai solusi agar produk yang dipromosikan dapat laku terjual seperti memberikan promo yang menarik, memanfaatkan media sosial lainnya dan juga menggunakan skill dalam berkomunikasi seperti meggunakan ucapan yang sopan, mudah dimengerti dan sabar melayani konsumen. Dari solusi tersebut bisa digunakan untuk mengatasi kendala internal ataupun kendala eksternal yang sering dialami pebisnis online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah (FUD) > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 24 May 2021 04:03
Last Modified: 24 May 2021 04:03
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item