Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam

Wardana, Wardana (2011) Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam. An-Nisa, 4 (2). pp. 225-233. ISSN 1979-2751

[img] Text
Annisa Kesetaraan Gender.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dinamika pemikiran seriring dengan dinamika kehidupan yang melahirkan kebudayaan dan peradaban yang serba modern. Namun kemodernan tersebut tidak justru berbanding lurus dengan modernnya budaya yang teraplikasi dalam kehidupan nyata, karena kemodernan tersebut justru belum, kalau tidak dikatakan tidak humanis, dengan adanya praktik budaya yang masih sangat diskriminatif terhadap salah satu jenis kelamin dalam berbagai aspek kehidupan utamanya dalam aspek pendidikan. Hampir pada setiap perbincangan sehari-hari, istilah gender cukup familiar di kalamangan masyarakat. Diskursus tersebut hendaknya melihat ketidakadilan dalam berbagai lini kehidupan, yang dengan sejumlah agenda yang ditawarkan ternyata belum maksimal mengunggah perhatian pihak yang terlibat dalam institusi sosial kemasyarakatan. Kemungkinan salah satu sebab karena masih banyak orang yang belum bisa membedakan secara jelas antara pengertian jenis kelamin dan gender, sehingga secara konseptual kedua istilaah tersebut cenderung diartikan sama.

Item Type: Article
Subjects: 2X7 Dakwah (Da'wah) Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Depositing User: Dr. Wardana Wardana
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:38
Last Modified: 09 Jun 2021 04:07
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item