PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SMP NEGERI 1 SIBULUE

Visayanti, . (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SMP NEGERI 1 SIBULUE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
combinepdf(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Literasi di SMP NEGERI 1 SIBULUE”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Literasi di SMP NEGERI 1 SIBULUE Kab.Bone. Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang di peroleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Literasi di SMP NEGERI 1 SIBULUE. dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, display data, conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager di SMP NEGERI 1 SIBULUE dapat dipahami bahwa untuk mencapai tujuan dan sasaran yang kita tempuh di sekolah adalah melaksanakan rapat, melakukan evaluasi di dalam rapat akhir semester untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah di capai selama pelaksanaan program sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik. Dan Kepala Sekolah Sebagai Administrator bahwa dalam menyelesaikan program-program yang meliputi administrasi yaitu memberikan dorongan, memotivasi dan memberikan pengertian kepada warga sekolah untuk mencapai tujuan tersebut. kemudian Kepala Sekolah Sebagai Leader ada perbedaan atau pembatasan antara atasan dan bawahan serta menumbuhkan sifat keterbukaan terhadap guru dengan bersikap ramah tamah, salam, dan sapah tampa pandang pangkat.Kedua,Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Literasi yaitu Meningkatkan Minat Baca yaitu memotivasi rasa ingin tahu siswa dan memicu siswa untuk berpikir kritis, dan meningkatkan minat menulis siswa dengan cara memulai dengan menumbuhkan kebiasaan membaca pada siswa.Ketiga kendala budaya literasi,budaya nonton TV terlihat sekarang anak lebih malas membaca dikarnakan anak telah kecanduan menonton televisi yang didalamnya hanyalah hiburan yang terkadang jauh dari unsur pendidikan, kemudian akibat kecanduan game online berpengaruh terhadap pola perilaku akademis siswa dan hasil belajar siswa,untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa di butuhkan bimbingan dari guru dan guru BK, dan dari segi dari pendanaan tentang sarana dan prasarana yang di miliki sekolah tentunya untuk memberikan kemudahan di dalam proses belajar mengajar, dan juga sarana dan prasarana mempunyai peranan penting dalam kegiatan budaya literasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 28 Jun 2021 01:17
Last Modified: 28 Jun 2021 01:17
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item