EFEKTIVITAS PENERAPAN LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA PERBANKAN SYARIAH DITENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Pada PT Bank Muamalat Cabang Bone)

Supi, Sulvrida (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA PERBANKAN SYARIAH DITENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Pada PT Bank Muamalat Cabang Bone). Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of 1 SAMPUL.pdf] Text
1 SAMPUL.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf] Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4 PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf] Text
4 PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 3 PENGESAHAN SKRIPSI.pdf] Text
3 PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7 DAFTAR ISI.pdf] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 12 BAB 1.pdf] Text
12 BAB 1.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of 16 BAB V.pdf] Text
16 BAB V.pdf

Download (548kB)

Abstract

Penerapan layanan teknologi merupakan bentuk sistem, prosedur atau metode
tertentu yang diberikan kepada nasabah agar kebutuhan nasabah tersebut dapat terpenuhi
sesuai dengan harapan mereka. Khusunya di masa pandemi covid-19 ini pada dunia
perbankan, muamalat DIN merupakan layanan yang sangat dibutuhkan nasabah saat ini untuk
melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus datang langsung ke bank. Semakin baik
pelayanan atau semakin canggih aplikasi yang digunakan untuk mempermudah nasabah
maka akan memberikan keefektivan yang baik bagi sebuah bank serta akan menambah
loyalitas nasabah bahkan meningkatkan kepuasan nasabah meski di tengah pandemi ini.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan layanan
berbasis teknologi pada perbankan syariah di tengah pandemi covid-19.(2) Apakah
penerapan layanan teknologi pada perbankan syariah sudah efektif.
Jenis penelitian ini berupa field research atau penelitian lapangan yang bersifat
desktiptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah
data-data terkumpul, dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelayanan teknologi muamalat DIN
di tengah pandemi covid-19 telah efektif. Bank Muamalat Cabang Bone memberikan
inovasi kepada para nasabahnya dengan menciptakan layanan berbasis teknologi yang
sudah sesuai dengan syariat islam berupa Muamalat DIN yang dapat digunakan
dimasa pandemi ini melalui telepon seluler, nasabah sudah dapat melakukan transaksi
dengan jangkauan internet. Menggunakan muamalat DIN menghemat waktu para
penggunanya tanpa harus membuang-buang waktunya untuk antri di kantor-kantor
cabang terdekat atau ke konter ATM untuk melakukan transaksi, sehingga dengan
menggunakan Muamalat DIN nasabah dapat mematuhi protokol kesehatan social
distancing yang diterapkan pemerintah tanpa ragu untuk menggunakan layanan yang
di berikan oleh Bank Muamalat Cabang Bone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Perbankan Syariah (PS)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:14
Last Modified: 28 Mar 2022 01:14
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item
View Item