Sulkaidah, . (2022) KREATIVITAS GURU SKI DALAM PEMBINAAN NILAI KETELADANAN RASULULLAH PADA SISWA MTS MALLARI KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL(2).pdf Download (16kB) |
|
Text
PERNYATAAN-PENGESAHAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (24kB) |
|
Text
ABSTRAK(1).pdf Download (14kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (18kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kreativitas guru SKI dalam pembinaan nilai keteladanan Rasulullah Saw. dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi Kreativitas guru SKI dalam pembinaan nilai keteladanan Rasulullah saw. pada siswa MTs Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif qualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogis, teologis normatif dan sosiologi. Hasil penelitian penulis terkait kreativitas guru SKI dalam pembinaan nilai keteladanan Rasulullah Saw. pada siswa MTs Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, yakni: 1) Bentuk kreativitas guru SKI, yaitu bersumber dari penghasilan sebuah ide, pemecahan suatu masalah dan pengaruh seseorang berfikir untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi. Bentuk kreativitas terlihat dari cara mengajar guru yang menggunakan metode dan tehnik yang berbeda dalam penyampaian materi. Proses pembinaan nilai keteladanan Rasulullah yang dilakukan yaitu dengan menceritakan kisah-kisah keteladan atau biasa disebut dengan metode kisah. Selain itu guru juga menggunakan metode proyeksi yaitu metode dengan menghubungkan materi pelajaran yang terkait. Pada akhir pembelajaran guru menggunakan metode latihan dan penugasan, hal ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. 2) Faktor- faktor yang mempengaruhi Kreativitas guru SKI dalam pembinaan nilai keteladanan Rasulullah, yaitu berupa faktor kepribadian dan faktor pendukung dari luar memberikan banyak konstribusi dan pengaruh terhadap pengembangan kreativitas seorang guru. Pengaruh dari faktor-faktor tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang telah berlangsung membuat siswa mudah memahami materi, merasa senang dan tertarik untuk mempelajari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terutama tentang keteladanan Rasulullah saw. Namun tentunya faktor yang mempengaruhi kreativitas tersebut memiliki hambatan dalam pelaksanaannya, sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kekhilafan, hambatan yang dialami oleh seorang guru untuk memunculkan kreativitasnya seperti, malas berfikir, tidak disiplin, cepat puas, mudah bosan dan tidak percaya diri. Dari pembinaan nilai keteladanan Rasulullah saw. pada siswa MTs Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, terbukti bahwa guru SKI memiliki Kreativitas tersendiri dalam proses pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 02:39 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 02:39 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/952 |
Actions (login required)
View Item |