GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA REVOLUSI INDISTRI 4.0 DI MADRASAH ALIYAH BAYTUL MUKARROMAH KAB. BONE

Akbar, Ahmad (2022) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA REVOLUSI INDISTRI 4.0 DI MADRASAH ALIYAH BAYTUL MUKARROMAH KAB. BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (11kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (18kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0 di Madrasah Aliyah Baytul Mukarromah Bone. Adapun rumusan masalah a). Bagaimana gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Baytul Mukarromah Kabupaten Bone? b). Bagaimana karakter peserta didik di era revolusi industri 4.0 di Madrasah Aliyah Baytul Mukarromah Kabupaten Bone? c). Bagaimana kontribusi gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah dalam membangun karakter peserta didik di era revolusi indutri 4.0 di Madrasah Aliyah Baytul Mukarromah Kabupaten Bone? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan demokratis Kepala Madrasah dalam membangun karakter peserta didik di era revolusi industri 4.0 di MA Baytul Mukarramah Bone. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0 di MA Baytul Mukarromah. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, display data, conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dalam membangun karakter peserta didik di era revolusi industeri 4.0 di MA Baytul Mukarromah yaitu. 1) gaya kepemimpinan demopkratis di MA Baytul Mukarromah selalu memberikan kesempatan kepada bawahan untuk memberikan masukan dan pedapatnya serta pengambilan keputusan selalu malalui musyawarah dan mufakat. Pemimpin yang berhasil dalam memimpin adalah pemimpin yang dapat memberikan pengarahan, memberikan motivasi, memberi pemantauan kerja kepada rekan kerja atau bawahannya untuk meningkatkan kinerjanya. Maka gaya kepemimpinan di MA Baytul Mukarromah Bone dapat dikatakan sudah baik. 2) Karakter peserta didik di MA Baytul Mukarromah dapat dilihat dari nilai religus peserta didik dalam mengucapkan salam saat bertemu, kedisiplinan peserta didik dalam menaati aturan, kejujuran peserta didik dalam berbicara, dan peserta didik bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan. 3) Kontribusi gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dalam membangun karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Baytul Mukarromah dikatakan bahwa kepala madrasah sudah berkontribusi penuh dengan memberikan dukungan, arahan, motivasi dan contoh yang baik kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 09 May 2022 01:12
Last Modified: 09 May 2022 01:12
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item