Jumarni, . (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI MA AS ADIYAH MATTIROWALIE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL.pdf Download (10kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (137kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (261kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (15kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online di Ma As Adiyah Mattirowalie Kabupaten Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online dan motivasi yang paling berpengaruh terhadap proses pembelajaran online. Untuk memperoleh data dari masalah diatas, penulis menggunakan metode Field Research (lapangan) dengan melakukan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif (statistik) dengan menggunakan statistik uji regresi linier sederhana. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan pembelajaran dan psikologi belajar. Berdasarkan hasil analisis dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif kompetensi pedagogik guru (variabel X) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online (variabel Y) dengan hubungan antara dua variabel sebesar 0,57. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,57, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya terletak antara 0,40-0,59 yang termasuk dalam kategori sedang. Kemudian dari uji anava nilai signifikansi t sebesar 0,080 > 0,05 maka H0 diterima, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kompetensi pedagogik guru (X) berpengaruh positif terhadap peningakatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online (Y) di MA As Adiyah Mattirowalie Kabupaten Bone, akan tetapi pengaruhnya tidak signifikan. Berdasarkan dari hasil analisis angket, motivasi intrinsik sebesar 263 dan motivasi ekstrinsik sebesar 280. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi yang paling berpengaruh terhadap proses belajar siswa pada pembelajaran online adalah motivasi ekstrinsik, seperti lingkungan, dorongan orang tua, keluarga, masyarakat, serta kualitas sarana dan prasarana di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:01 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:01 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1093 |
Actions (login required)
View Item |