RUCMANA, WARDYANTI INDAH (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SD IT AL-AMIR FIL JANNAH BAJOE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.
Text
1. SAMPUL RUCMANA ACC.pdf Download (27kB) |
|
Text
02 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (58kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR ACC.pdf Download (107kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI ACC.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN SKRPSI 3. DLL.pdf Download (540kB) |
|
Text
7. ABSTRAK ACC.pdf Download (12kB) |
|
Text
6. DAFTAR TRANSLITERASI ACC.pdf Download (585kB) |
|
Text
11. BAB IV INDAH ACC.pdf Download (152kB) |
|
Text
8. BAB I ACC.pdf Download (558kB) |
Abstract
Skripsi inimembahastentang implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SD IT Al-Amir Fil Jannah Bajoe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk implementasi pendidikan karakter yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, Faktor pendukung dan penghambat serta dampakimplementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SDIT Al-Amir Fil Jannah Bajoe. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan secara kualitatif yaitu mengolah data dengan bertolak dari teori-teori untuk mendapatkan kejelasan pada masalah, baik data yang terdapat di lapangan maupun yang terdapat pada kepustakaan. Metodepengumpulan data yang digunakanyaiturisetkepustakaan (library research) dan Risetlapangan (field research).Sedangkaninstrumendalampenelitianinimenggunakanpedomanobservasi, pedomanwawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa .Bentuk-bentuk Implementasi Pendidikan Karakter yang Diterapkan oleh Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SD IT Al-Amir FilJannah Bajoe adalah pembiasaan dan keteladanan. seperti pembiasaan shalat fardhu berjamaah dan shalat sunnah Duha, mengaji dan menghafal Al-Quran, jujur, tanggung jawab keteladanan seperti guru datang tepat waktu, senyum, sopan (berjabat tangan sebelum pulang sekolah) dan santun kepada siapapun. Adapun Fakor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SD IT Al- Amir FilJannah Bajoe adalah: faktor pendukung, a.) kepala sekolah, guru, dan siswa mengimplementasikan langsung nilai-nilai pendidikan karakter, b.) Guru PAI selalu mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajarannya, dan sarana prasarana yang memadai (suasana belajar nyaman). Faktor penghambat: a.) peran orang tua yang kurang dalam mendidik anak di rumah, b.) perilaku siswa yang masih labil, c.) dan pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter yang belum menyeluruh. Adapun Dampak Implementasi Pendidikan Karakter di SD IT Al-Amir Fil Jannah xvi Bajoe dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI adalah bahwa konsep pendidikan karakter yang sejalan dengan konsep PAI akan memberikan dampak karakter baik kepada guru dan siswa, adanya kesadaran seluruh warga sekolah tentang pentingnya penerapan pendidikan karakter sejak dini, dan adanya peningkatan nilai-nilai karakter pada siswa seperti karakter religius, disiplin, sopan, jujur, bersih, dan bertanggung jawab .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 03:23 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 03:23 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1146 |
Actions (login required)
View Item |