IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SD IT AL-AMIR FIL JANNAH BAJOE KABUPATEN BONE

RUCMANA, WARDYANTI INDAH (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SD IT AL-AMIR FIL JANNAH BAJOE KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of 1. SAMPUL RUCMANA ACC.pdf] Text
1. SAMPUL RUCMANA ACC.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 02 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf] Text
02 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR ACC.pdf] Text
4. KATA PENGANTAR ACC.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI ACC.pdf] Text
5. DAFTAR ISI ACC.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 2. PERNYATAAN SKRPSI 3. DLL.pdf] Text
2. PERNYATAAN SKRPSI 3. DLL.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 7. ABSTRAK ACC.pdf] Text
7. ABSTRAK ACC.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR TRANSLITERASI ACC.pdf] Text
6. DAFTAR TRANSLITERASI ACC.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 11. BAB IV INDAH ACC.pdf] Text
11. BAB IV INDAH ACC.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 8. BAB I ACC.pdf] Text
8. BAB I ACC.pdf

Download (558kB)

Abstract

Skripsi inimembahastentang implementasi pendidikan karakter dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SD IT Al-Amir Fil Jannah Bajoe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk implementasi pendidikan
karakter yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI,
Faktor pendukung dan penghambat serta dampakimplementasi pendidikan karakter
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SDIT Al-Amir Fil Jannah Bajoe.
Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pengolahan secara kualitatif yaitu mengolah data dengan bertolak dari teori-teori
untuk mendapatkan kejelasan pada masalah, baik data yang terdapat di lapangan
maupun yang terdapat pada kepustakaan. Metodepengumpulan data yang
digunakanyaiturisetkepustakaan
(library
research)
dan
Risetlapangan
(field
research).Sedangkaninstrumendalampenelitianinimenggunakanpedomanobservasi,
pedomanwawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa .Bentuk-bentuk Implementasi
Pendidikan Karakter yang Diterapkan oleh Guru dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran PAI di SD IT Al-Amir FilJannah Bajoe adalah pembiasaan dan
keteladanan. seperti pembiasaan shalat fardhu berjamaah dan shalat sunnah Duha,
mengaji dan menghafal Al-Quran, jujur, tanggung jawab keteladanan seperti guru
datang tepat waktu, senyum, sopan (berjabat tangan sebelum pulang sekolah) dan
santun kepada siapapun. Adapun Fakor Pendukung dan Penghambat Implementasi
Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SD IT Al-
Amir FilJannah Bajoe adalah: faktor pendukung, a.) kepala sekolah, guru, dan siswa
mengimplementasikan langsung nilai-nilai pendidikan karakter, b.) Guru PAI selalu
mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajarannya, dan sarana prasarana
yang memadai (suasana belajar nyaman). Faktor penghambat: a.) peran orang tua
yang kurang dalam mendidik anak di rumah, b.) perilaku siswa yang masih labil, c.)
dan pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter yang belum menyeluruh.
Adapun Dampak Implementasi Pendidikan Karakter di SD IT Al-Amir Fil Jannah
xvi
Bajoe dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI adalah bahwa konsep
pendidikan karakter yang sejalan dengan konsep PAI akan memberikan dampak
karakter baik kepada guru dan siswa, adanya kesadaran seluruh warga sekolah
tentang pentingnya penerapan pendidikan karakter sejak dini, dan adanya
peningkatan nilai-nilai karakter pada siswa seperti karakter religius, disiplin, sopan,
jujur, bersih, dan bertanggung jawab .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:23
Last Modified: 04 Jul 2022 03:23
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item
View Item