PERILAKU KONSUMSI ISLAMI MAHASISWA DITINJAU DARI TINGKAT RELIGIUSITAS (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone Angkatan 2017)

Syam, Verlya Ananda Putri (2022) PERILAKU KONSUMSI ISLAMI MAHASISWA DITINJAU DARI TINGKAT RELIGIUSITAS (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone Angkatan 2017). Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
pra bab.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi Ini membahas mengenai Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa ditinjau dari Tingkat Religiusitas. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui 1) Pola Perilaku Konsumsi Mahasiswa berdasarkan prinsip-prinsip konsumsi Islami yang dikemukakan oleh Mannan, 2) Implementasi Dimensi-Dimensi Religiusitas dalam perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone Angkatan 2017. Penelitian Ini Termasuk Jenis Penelitian Lapangan (Field Research) dengan pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research), dimana data yang digunakan peneliti berupa data wawancara dan dokumentasi dengan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam Angkatan 2017 di kampus IAIN Bone. Pada jenis penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata baik secara tertulis maupun lisan dari perilaku orang yang diamati, dalam hal ini yaitu mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Bone angkatan 2017. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) erilaku konsumsi Islami mahasiswa dapat dikatakan bersifat rasional dengan memperhatikan prioritas konsumsi utamanya untuk kebutuhan, memperhatikan manfaat, akan tetapi untuk akhiratnya masih terbilang sedikit atau kurang. Adapun perilaku konsumsi mahasiswa dinilai dari tata cara menjalankan aktivitas konsumsi yang bersumber dari prinsip- prinsip konsumsi dalam Islam yaitu prinsip keadilan, prinsip kehalalan dan kebersihan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati, prinsip moralitas. 2) Implementasi Dimensi-Dimensi Religiusitas dalam perilaku Konsumsi Islami mahasiswa dinilai dari lima dimensi yaitu, dimensi keyakinan, dimensi praktik agama, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan agama, dan dimensi pengamalan/Konsekuensi. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat religiusitas mahasiswa terbilang baik dengan mengamalkan pengetahuan agama yang mereka anut dalam melakukan kegiatan konsumsinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:06
Last Modified: 06 Apr 2022 05:06
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item