PERILAKU KONSUMSI ISLAMI MAHASISWA DITINJAU DARI TINGKAT RELIGIUSITAS (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone Angkatan 2017)

Syam, Verlya Ananda Putri (2022) PERILAKU KONSUMSI ISLAMI MAHASISWA DITINJAU DARI TINGKAT RELIGIUSITAS (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone Angkatan 2017). Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of pra bab.pdf] Text
pra bab.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi Ini membahas mengenai Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa ditinjau
dari Tingkat Religiusitas. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui 1) Pola
Perilaku Konsumsi Mahasiswa berdasarkan prinsip-prinsip konsumsi Islami yang
dikemukakan oleh Mannan, 2) Implementasi Dimensi-Dimensi Religiusitas dalam
perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone
Angkatan 2017. Penelitian Ini Termasuk Jenis Penelitian Lapangan (Field Research)
dengan pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan Penelitian Kualitatif
(Qualitative Research), dimana data yang digunakan peneliti berupa data wawancara
dan dokumentasi dengan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam Angkatan
2017 di kampus IAIN Bone. Pada jenis penelitian ini menghasilkan data deskriptif
berupa kata-kata baik secara tertulis maupun lisan dari perilaku orang yang diamati,
dalam hal ini yaitu mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Bone
angkatan 2017.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) erilaku konsumsi Islami
mahasiswa dapat dikatakan bersifat rasional dengan memperhatikan prioritas
konsumsi utamanya untuk kebutuhan, memperhatikan manfaat, akan tetapi untuk
akhiratnya masih terbilang sedikit atau kurang. Adapun perilaku konsumsi mahasiswa
dinilai dari tata cara menjalankan aktivitas konsumsi yang bersumber dari prinsip-
prinsip konsumsi dalam Islam yaitu prinsip keadilan, prinsip kehalalan dan
kebersihan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati, prinsip moralitas. 2)
Implementasi Dimensi-Dimensi Religiusitas dalam perilaku Konsumsi Islami
mahasiswa dinilai dari lima dimensi yaitu, dimensi keyakinan, dimensi praktik
agama,
dimensi
pengalaman,
dimensi
pengetahuan
agama,
dan
dimensi
pengamalan/Konsekuensi. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat
religiusitas mahasiswa terbilang baik dengan mengamalkan pengetahuan agama yang
mereka anut dalam melakukan kegiatan konsumsinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:06
Last Modified: 06 Apr 2022 05:06
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item
View Item