ANALISIS PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

Nurtang, . (2022) ANALISIS PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Other thesis, IAIN Bone.

[thumbnail of SAMPUL SKRIPSI NUN_4.pdf] Text
SAMPUL SKRIPSI NUN_4.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of PERSETUJUAN.pdf] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR SKRIPSI NUN_3.pdf] Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI NUN_3.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI NUN_5.pdf] Text
DAFTAR ISI NUN_5.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of ABSTRAK NUN_4.pdf] Text
ABSTRAK NUN_4.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of BAB I NUN_3.pdf] Text
BAB I NUN_3.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of BAB IV NUN_3.pdf] Text
BAB IV NUN_3.pdf

Download (16kB)

Abstract

Skripsi ini membahas
Analisis Peran Permainan Tradisional dalam
Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa. Pokok masalah dalam penelitian ini
adalah permainan tradisional yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran,
aspek kecerdasan yang dapat dikembangkan melalui implementasi permainan
tradisional dalam pembelajaran dan kontribusi
permainan tradisional dalam
mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library
research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik dokumentasi dan pengutipan.
Hasil penelitian yang disimpulkan oleh penulis. Pertama, beberapa contoh
permainan tradisional yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran yaitu
permainan gobag sodor, bakiak panjang dan congklak. Kedua, aspek kecerdasan yang
dapat dikembangkan melalui implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran
meliputi aspek mengendalikan emosi, motivasi diri dan mengenali diri orang lain.
Mengendalikan emosi merupakan kemampuan seseorang dalam menangani perasaan
agar dapat terungkap dengan tepat sehingga tercapai keseimbangan dalam diri
individu. Motivasi diri adalah kunci keberhasilan dalam mengerjakan sesuatu,
Mengenali diri orang lain seperti berempati dibangun berdasarkan kesadaran diri
yaitu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Ketiga, Permainan tradisional telah
berkontribusi dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak
dengan cara
menyenangkan yaitu melalui permainan. Hal ini terbukti dengan ketercapaian aspek
memotivasi diri sendiri seperti optimis dan mengenali emosi orang lain seperti
berempati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:03
Last Modified: 04 Jul 2022 03:03
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item
View Item