Nurtang, . (2022) ANALISIS PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Other thesis, IAIN Bone.
Text
SAMPUL SKRIPSI NUN_4.pdf Download (9kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI NUN_3.pdf Download (45kB) |
|
Text
DAFTAR ISI NUN_5.pdf Download (6kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (319kB) |
|
Text
ABSTRAK NUN_4.pdf Download (14kB) |
|
Text
BAB I NUN_3.pdf Download (60kB) |
|
Text
BAB IV NUN_3.pdf Download (16kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas Analisis Peran Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah permainan tradisional yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, aspek kecerdasan yang dapat dikembangkan melalui implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran dan kontribusi permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan pengutipan. Hasil penelitian yang disimpulkan oleh penulis. Pertama, beberapa contoh permainan tradisional yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran yaitu permainan gobag sodor, bakiak panjang dan congklak. Kedua, aspek kecerdasan yang dapat dikembangkan melalui implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran meliputi aspek mengendalikan emosi, motivasi diri dan mengenali diri orang lain. Mengendalikan emosi merupakan kemampuan seseorang dalam menangani perasaan agar dapat terungkap dengan tepat sehingga tercapai keseimbangan dalam diri individu. Motivasi diri adalah kunci keberhasilan dalam mengerjakan sesuatu, Mengenali diri orang lain seperti berempati dibangun berdasarkan kesadaran diri yaitu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Ketiga, Permainan tradisional telah berkontribusi dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak dengan cara menyenangkan yaitu melalui permainan. Hal ini terbukti dengan ketercapaian aspek memotivasi diri sendiri seperti optimis dan mengenali emosi orang lain seperti berempati.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 03:03 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 03:03 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1140 |
Actions (login required)
View Item |