BURHAN, A. NUURASMI (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENCEGAHAN SIFAT RAKUS TERHADAP SISWA DI MTS DDI AL IZZA SANREGO. Other thesis, IAIN Bone.
Text
BAGIAN AWAL (2).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (616kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (749kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pencegahan Sifat Rakus Terhadap Siswa Di Mts Ddi Al Izza Sanrego”. Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode Field research (lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian dilakukan suatu penelitian yang menghasilkan data secara deskriptif (penggambaran) berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap perilaku orang yang dicermati. Penelitian ini menggunakan pendekatan teologi normatif, psikologis dan pedagogik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Pelaksanaan Peran Guru Akidah Akhlak di MTs DDI Al-Izza Sanrego dilakukan dengan baik yakni guru menerapkan dirinya (a) Sebagai pendidik dengan senantiasa memberikan nasehat dan arahan kepada peserta didiknya untuk melakukan kebaikan, (b) sebagai pembimbing artinya mengarahkan peserta didik ketika mengalami kesulitan baik dalam pembelajaran maupun dalam pendidikan akhlak, (c) Motivator yaitu guru harus memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi kepada peserta didik. Karena keberhasilan seorang anak tidaklah ditentukan sepenuhnya oleh intelegensi peserta didik akan tetapi juga ditentukan akhlak dalam bertingkah laku, (d) Teladan yakni menjadi model dalam rangka membentuk akhlak mulia bagi siswa yang diajar. (2) Cara mencegahan sifat rakus pada siswa di MTs DDI Al-Izza Sanrego yaitu: (a) Pengalaman yang identik dengan pembiasaan yakni peserta didik langsung dianjurkan untuk melakukan tindakan secara nyata, misalnya dianjurkan untuk membantu teman yang terkena musibah. (b) Pembiasaan, Metode ini dianggap efektif dalam merealisasikan tujuan yang diharapkan terutama untuk pembentukan karakter siswa yakni memiliki generasi yang seimbang, cerdas, kreatif perilakunya, dan mulia perangainya dan termasuk tidak memiliki sifat rakus. (c) menerapkan keteladanan dalam mendidik peserta didik karena mereka menyadari bahwa guru adalah figur utama sehingga mereka harus menamppak karakter yang baik yang bisa menujukkan keteladan kepada peserta didik dalam mencegah sifat rakus. (3) Konstribusi guru Akidah akhlak dalam pencegahan sifat rakus pada siswa di MTs DDI Al-Izza Sanrego yaitu ketika guru berhasil mencegah sifat rakus pada peserta didik maka tentunya akan melahirkan generasi yang memiliki karakter yang baik kepada sesame yaitu memiliki karakter sikap sosial yang baik yaitu tidak kikir dibiasakan dengan saling membantu kepada teman yang terkena musibah, tidak pelit informasi dilakukan dengan mengadakan kerjasama kelompok, tolong menolong dalam kesusahan, sering- sering mengadakan diskusi kelas agar bisa saling menghargai pendapat sesama dan sikap religious yakni memiliki sifat yang meneggakan keadilan dan disiplin tinggi sangat penting karena merupakan kunci suatu kesuksesan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | IAIN BONE |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:12 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:12 |
URI: | http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/1284 |
Actions (login required)
View Item |