Aspek Gender dalam Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)

Suhra, Sarifah Aspek Gender dalam Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT).

[img] Text
SarifaSuhra_Annisa_Aspek Gender NHT.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang aspek gender dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT). Pemilihan judul ini didasari asumsi bahwa peningkatan hasil belajar siswa tidak lepas dari proses belajar mengajar yang salah satu komponennya adalah penggunaan metode pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe NHT mengandung arti bahwa untuk melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa di kelas. Teknik ini memberikan kesempatan pada siswa untuk meningkatkan kemampuan baru, baik dalam aspek pengetahuan berbicara, sikap maupun keterampilan psikomotorik siswa. Aktivitas pembelajaran dilakukan dalam kegiatan kelompok kecil yang setiap anggotanya diberi nomor dan setiap orang bertanggungjawab atas proses belajar dan saling tukar pikiran dalam mempertimbangkan jawaban yang benar, memecahkan masalah serta berprestasi di antara kelompoknya. Selain itu juga dapat melatih siswa untuk bersosialisasi dengan baik, sehingga berpengaruh positif pada hubungan dan sikap terhadap siswa yang terlambat secara akademik. Aspek gender dalam penerapan metode kooperatif tipe NHT terletak pada langkah penerapannya yang mengharuskan pembentukan kelompok sebelum pelaksanaannya. Pembentukan kelompok didasarkan pada beberapa aspek salah satunya adalah diharuskan pada setiap kelompok terdapat perbedan kelamin artinya tiap-tiap kelompok selama memungkinkan harus terdiri dari dua jenis kelamin yang berbeda dalam kelompok secara adil dan tidak boleh dimonopoli suatu jenis kelamin saja.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 – Pendidikan
Depositing User: Dr. Sarifa Suhra
Date Deposited: 01 Aug 2020 15:22
Last Modified: 10 Jun 2021 02:39
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item