DESAIN PEMBELAJARAN PMRI MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON PINTAR DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN CABALU KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

Irma, . (2022) DESAIN PEMBELAJARAN PMRI MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON PINTAR DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN CABALU KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE. Other thesis, IAIN Bone.

[img] Text
bagian depan.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana rancangan pembelajaran desain PMRI menggunakan media pohon pintar pada materi penjumlahan bilangan pada kelas I MI AL-Amin Cabalu Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone? 2)Bagaimana Learning Trajectory(lintasan belajar) penggunaan media pohon pintar dalam membantu siswa Madrasah Ibtidaiyah Al- Amin Cabalu dalam memahami konsep penjumlahan? Penelitian ini adalah penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design, teaching experiment dan retrospective analysis.penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai proses pembelajaran suatu kelompok masyarakat. Adapun teknik yang digunakan antara lain:observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang menggunakan desain pembelajaran PMRI dengan menggunakan media pohon pintar. Dimana pembelajaran yang dirancang dengan Learning Trajectory (lintasan belajar) yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu Aktivitas 1. Mengorganisasikan benda/objek dengan menggunakan bilangan familiar,Aktivitas 2. Mengenal konsep menyimpan dalam proses penjumlahan dua bilangan, dan Aktivitas 3. Melakukan operasi penjumlahan melalui permainan kartu pohon pintar. Berdasarkan Learning Trajectory (lintasan belajar) pada aktivitas yang dikembangkan mampu menumbuhkan rasa semangat siswa dalam belajar terkhusus pembelajaran matematika serta mampu membantu siswa MI Al-Amin Cabalu dalam memahami konsep penjumlahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah (FTar) > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI)
Depositing User: IAIN BONE
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:26
Last Modified: 25 Mar 2022 01:26
URI: http://repositori.iain-bone.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item